Header

Rabu, 27 Januari 2016

Berjilbab Yuk !

Assalamu'alaikum wr.wb.

Ukhti, maukah engkau menjadi Bidadari Surga? Lalu, sudahkah engkau berjilbab?? :-)

Jilbab bukanlah penutup wajah, namun jilbab adalah kain yang dipakai oleh wanita setelah memakai khimar.Sedangkan khimar adalah penutup kepala.
Berjilbab itu WAJIB bagi wanita lho ukhti, , , :-)
Allah Swt. berfirman:

وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ

Hendaklah mereka menutupkan kain kerudung (khimâr) ke dada-dada mereka. (QS an-Nur [24]: 31).

Dari ayat ini tampak jelas, bahwa wanita Muslimah wajib untuk menghamparkan kerudung hingga menutupi kepala, leher, dan juyûb (bukaan baju) mereka. Sementara itu, mengenai jilbab, Allah Swt. berfirman dalam ayat yang lain:


يَاأَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ ِلأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلاَبِيبِهِنَّ

Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang Mukmin: Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. (QS al-Ahzab [33]: 59).

‘Aisyah r.a. yang menyakan bahwa Rasulullah saw. pernah bersabda:

«قَالَ يَا أَسْمَاءُ إِنَّ الْمَرْأَةَ إِذَا بَلَغَتِ الْمَحِيضَ لَمْ تَصْلُحْ أَنْ يُرَى مِنْهَا إِلاَّ هَذَا وَهَذَا وَأَشَارَ إِلَى وَجْهِهِ وَكَفَّيْهِ»

Wahai Asma’, sesungguhnya seorang wanita, apabila telah balig (mengalami haid), tidak layak tampak dari tubuhnya kecuali ini dan ini (seraya menunjuk muka dan telapak tangannya). (HR Abu Dawud).

Yang dimaksudkan disini adalah jilbab yang dapat menutupi seluruh aurat wanita dan tidak menampakkan bentuk lekuk tubuh mereka. Banyak wanita yang mengaku berjilbab namun tidak totalitas dalam menutup auratnya. Ada juga yang berjilbab hanya pada saat mereka ke sekolah, ke kampus dan ke kantor, namun setelah dirumah, mereka melepas jilbabnya. 

Ukhti, Keep Istiqomah in the way of Allah ;-)

Wassalamu'alaikum wr.wb.

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

My Blog List

Translate